Diastuti, Ni Kadek (2023) PENGARUH KEPUASAN PESERTA JKN DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PESERTA DI RUMAH SAKIT UMUM BALIMED DENPASAR. Masters thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.176.FEB-MM_BAB I-II.pdf - Other
Download (254kB)
![[thumbnail of Full text]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.176.FEB-MM.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Fenomena tunggakan iuran BPJS kesehatan dan ketidak rutinan peserta mandiri dalam melakukan pembayaran iuran rutin ini menunjukan bahwa kurangnya loyalitas konsumen dalam membayar iuran yang menjadi kewajiban rutin peserta BPJS kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dampak mediasi kepuasan terhadap kualitas pelayanan dan citra merek terhadap loyalitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitiatif yang dilakukan dengan survey, menggunakan sampel data peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang mendapat pelayanan di Rumah Sakit Umum Balimed Denpasar sebanyak 82 orang. Analisis menggunakan SEM berbasis PLS dengan pendekatan kuantitatif serta skala ukur dari penelitian sebelumnya. Hasil penelitian didapatkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepusan, citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, serta kepuasan pasien mampu memediasi pada pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap loyalitas serta loyalitas pasien cenderung ditentukan oleh kualitas pelayanan. Saran kepada pimpinan dapat memberikan suatu pelatihan kepada petugas seperti pemberian contoh dalam melayani pasien, cara melaksanakan dan menjalankan tugasnya, serta pemberian contoh bagaimana cara menanggapi dan berkomunikasi yang baik kepada pasien
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepuasan, Loyalitas |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Kualitas Pelayanan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen |
Depositing User: | ida bagus indra pratama |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 03:00 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 03:00 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5508 |