Implemetasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Mengwi

Anggadewi, Ni Putu Ritha (2023) Implemetasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Mengwi. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.457 FKIP-INDO ABSTRAK.pdf - Other

Download (304kB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
R.457 FKIP-INDO BAB I-II.pdf - Other

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.457 FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan (1) Mengimplementasi model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis cerpen pada siswa kelas XI SMAN 2 Mengwi; dan (2) Mendeskripsikan langkah – langkahpengimplementasian model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis cerpen pada siswa kelas XI SMAN 2 Mengwi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Mengwi sebanyak 38 orang. Metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan pengumpulan hasil karya siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil belajar menulis cerpen siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan II siklus. Pada siklus I hasil belajar menulis cerpen siswa mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan klasikan sebesar 21% pada kategori rendah. Pada siklus II persentasae klasikal hasil belajar menulis cerpen siswa mengalami sebesar 79% sehingga menjadi 100% dan berada pada kriteria sangat tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 2 Mengwi.

Abstract
This research is a Classroom Action Research (PTK) which aims (1) Mengimplementation of the project based learning learning model to increase the activity and learning outcomes of short story writing for class XI students of SMAN 2 Mengwi; and (2) describe the steps for implementing the project based learning learning model to increase the activity and learning outcomes of short story writing in class XI students of SMAN 2 Mengwi. The subjects of this study were 38 class XI students of SMAN 2 Mengwi. Methods of data collection in the form of observation, documentation, and collection of student work. The data collection instruments used were observation sheets and tests. The learning outcomes of students' short story writing increased after the second cycle was carried out. In the first cycle, students' short story writing learning outcomes increased with a classical mastery percentage of 21% in the low category. In cycle II, the percentage of students' classical short story writing learning outcomes experienced 79% so that it became 100% and was in very high criteria. So it can be concluded that the implementation of the Project Based Learning learning model can improve the learning outcomes of writing short stories for class XI SMAN 2 Mengwi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/457/FKIP-IND/2023
Uncontrolled Keywords: PBL, Hasil Belajar, Menulis Cerpen
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: indah indriyani
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:43
Last Modified: 05 Jun 2023 02:43
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item
View Item