Strategi Pengajaran dan Penyusunan Soal Mahasiswa Praktikum Prodi Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Daring

Wardana, I Ketut and Astuti, Putu Sri (2022) Strategi Pengajaran dan Penyusunan Soal Mahasiswa Praktikum Prodi Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Daring. Mimbar Ilmu, 27 (1). ISSN p-ISSN: 1829-877X, e-ISSN: 2685-9033

[thumbnail of Hasil Similarity] Text (Hasil Similarity)
Sim-Wardana11.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa yang praktikum menerapkan strategi pengajaran dan penilaian dalam pembelajaran daring harus memahami aspek pengetahuan isi, pengetahuan mendidik, dan teknologi. Penelitian ini menganalisis strategi pengajaran dan penyusunan soal mahasiswa praktikum prodi bahasa Inggris dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan ancangan penelitian tindakan. Subjek dalam penelitian yaitu 30 mahasiswa praktikum dalam program PLP prodi pendidikan bahasa Inggris di enam sekolah SMP. Instrumen yang digunakan berupa lembarana pengamatan, checklist, kuesioner, dan soal tanya jawab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa praktikum sangat berprestasi menggunakan strategi pengajaran kontekstual, tetapi cukup berprestasi dalam penerapan strategi pembelajaran koperatif, berbasis masalah, ekspositori, dan inkuiri. Dari aspek penilaian, soal yang disusun mahasiswa sudah memenuhi kreteria administratif, konten, dan performa, yaitu layak kaidah, layak fungsi, dan layak penyajiannya. Pemilihan platform pembelajaran telah memenuhi kreteria keterjangkauan, kesesuaian, dan efesiensi. Dengan demikian, pengetahuan bahasa, metode pengajaran bahasa, dan penggunaan teknologi menjadi kunci sukses dalam pengajaran daring. Penerapan strategi kontekstual dapat membangun imaji dan konsep bahasa yang hakiki yaitu konteks, baik konteks situasi maupun konteks budaya.

Item Type: Article
Additional Information: Sim-Wardana11
Uncontrolled Keywords: Strategi Mengajar, Asesmen, Pembelajaran Daring
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Apr 2023 04:20
Last Modified: 03 May 2023 05:01
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3072

Actions (login required)

View Item
View Item