Peningkatan Kemampuan Menganalisis Isi Puisi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 9 Denpasar

Suparsa, I Nyoman (2021) Peningkatan Kemampuan Menganalisis Isi Puisi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 9 Denpasar. Jurnal Santiaji Pendidikan, 11 (1). ISSN p-ISSN 2087-9016, e-ISSN 2685-4694

[thumbnail of Hasil Similarity] Text (Hasil Similarity)
SSuparsa-40.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam menganalisis isi puisi. Pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) merupakan pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk melakukan suatu pembelajaran dengan lebih aktif. Dalam penelitian terdapat beberapa masalah, tujuan, dan landasan teori ketika mengimplementasikan pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning). Ruang lingkup penelitian ini ialah peningkatan kemampuan siswa dalam menganalisis isi puisi melalui pembelajaran berbasis masalah (problem- based learning). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Denpasar. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi dan metode tes, sedangkan untuk mengolah data peneliti menggunakan rumus penghitungan rata-rata. Berdasarkan pemaparan tersebut maka simpulan yang diperoleh ialah meningkatnya kemampuan siswa dalam menganalisis isi puisi melalui pembelajaran berbasis masalah (problem- based learning).

Item Type: Article
Additional Information: SSuparsa-40
Uncontrolled Keywords: menganalisis, isi puisi, pembelajaran berbasis masalah
Subjects: F. BAHASA ASING > Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 26 Apr 2023 02:18
Last Modified: 26 Apr 2023 02:18
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3028

Actions (login required)

View Item
View Item