REALISASI MAKNA SIKAP SEBAGAI PENGUNGKAP PENDIRIAN DALAM PERCAKAPAN TENTANG VAKSINASI COVID-19 DI TWITTER

Ayomi, Putu Nur (2022) REALISASI MAKNA SIKAP SEBAGAI PENGUNGKAP PENDIRIAN DALAM PERCAKAPAN TENTANG VAKSINASI COVID-19 DI TWITTER. Aksara, 34 (1). pp. 121-134.

[thumbnail of TURNITIN of REALISASI MAKNA SIKAP SEBAGAI PENGUNGKAP PENDIRIAN DALAM PERCAKAPAN TENTANG VAKSINASI COVID-19 DI TWITTER] Text (TURNITIN of REALISASI MAKNA SIKAP SEBAGAI PENGUNGKAP PENDIRIAN DALAM PERCAKAPAN TENTANG VAKSINASI COVID-19 DI TWITTER)
Turnitin B.01_Realisasi.pdf - Published Version

Download (4MB)
[thumbnail of KORESPONDENSI of REALISASI MAKNA SIKAP SEBAGAI PENGUNGKAP PENDIRIAN DALAM PERCAKAPAN TENTANG VAKSINASI COVID-19 DI TWITTER] Text (KORESPONDENSI of REALISASI MAKNA SIKAP SEBAGAI PENGUNGKAP PENDIRIAN DALAM PERCAKAPAN TENTANG VAKSINASI COVID-19 DI TWITTER)
B1 Korespondensi B01 Makna.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana makna sikap diekspresikan oleh pengguna sosial media untuk menyampaikan pendiriannya atas sesuatu hal. Makna sikap sangat penting karena berkaitan dengan citra diri, pendapat dan bagaimana sesuatu atau pihak lain dinilai dan dievaluasi. Dalam media sosial, hal ini menjadi begitu penuh konsekwensi karena sifatnya yang publik dan begitu mudah disebarluaskan. Dalam kajian ini digunakan teori inti dari Martin & White (2005) mengenai penilaian (appraisal). Untuk menyediakan konteks komunikasi digunakanlah studi kasus mengenai sebuah topik popular di Twitter yakni vaksinasi perdana vaksin Covid-19 pada pertengahan Januari 2021. Ditemukan bahwa makna sikap yang mencakup afeksi, penghakiman dan apresiasi dengan berbagai subkategori makna lainnya terungkap melalui berbagai sarana kebahasaan yakni adjektiva, verba, nomina, adverbia, Interjeksi, berbagai modus kalimat, juga kalimat majemuk proyeksi mental maupun verbal. Selain itu makna sikap juga diungkapkan melalui sarana semiotis lainnya yakni emotikon, meme, gambar bergerak dan juga video. Selain pemetaan makna sikap yang diungkapkan secara eksplisit dalam berbagai kategori semantik, diketahui juga bahwa suatu makna sikap dalam suatu kategori dapat memicu makna sikap dari kategori lainnya.

ABSTRACT
This paper aims to describe the meaning of attitude used by social media users’ to express their stance on something. The meaning of attitude is essential because it relates to the writer's selfimage, opinions, and how something or other parties are judged and evaluated. In social media, this has high consequences as it is public and a statement can be so quickly disseminated. In this study, Martin & White (2005) core theory of appraisal is used. To provide the context of communication, a popular topic on Twitter, namely the first vaccination of the Covid-19 vaccine in mid-January 2021, was used as a case study. It is found that the meaning of attitude, which includes affect, judgment, and appreciation with various other sub-categories of meaning, is revealed through various language means, namely adjectives, verbs, nouns, adverbs, interjections, various sentence moods, as well as complex sentences of mental and verbal projections. The meaning of attitude is also expressed with other semiotic means, namely emoticons, memes, moving pictures, and videos. In addition to the mapping of attitude expressed explicitly in various semantic categories, it is also known that the meaning of attitude in one category can invoke the meaning of attitude from other category.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sikap, pendirian, penilaian, media social
Subjects: F. BAHASA ASING > Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa Asing
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:01
Last Modified: 17 Apr 2023 03:01
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2963

Actions (login required)

View Item
View Item