PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS VII 7 SMP NEGERI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KAKA, KORLINA AMBU (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS VII 7 SMP NEGERI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.444 FKIP-B.INDO ABSTRAK.pdf - Other

Download (284kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.444 FKIP-B.INDO BAB I-II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.444 FKIP-B.INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui dan menemukan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siwa kelas VII 7 SMPN 4 Denpasar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII 7 SMP Negeri 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 orang siswa, di antaranya 17 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, membuat teks wacana dan memahami isi yang terkandung dalam wacana.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) siswa kelas VII 7 SMP Negeri 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2018\2019 mengalami peningkatan prasiklus, Pada tes awal nilai rata-rata adala 4,68 mengalami peningktan pada siklus I dengan nilai rata-rata 5,91 telah mengalami peningkatan lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata 7,48 dan siklus III juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 8,65 Peningkatan tidak terlepas dari revisi atau modifikasi tindakan yang dilakukan oleh peneliti pada setiap siklusnya. Pada tes awal nilai rata-rata adala 4,68 mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata 5,91 telah mengalami peningkatan lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata 7,48 dan siklus III juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 8,65 Peningkatan tidak terlepas dari revisi atau modifikasi tindakan yang dilakukan oleh peneliti pada setiap siklusnya.

Abstract

This research is a classroom action research (CAR) which aims to find out and find the right steps in applying in Improving Reading Comprehension Ability by Using the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Method in Class VII 7 students of SMPN 4 Denpasar.The subjects in this study were students of class VII 7 SMP Negeri 4 Denpasar in the 2018/2019 academic year, totaling 35 students, including 17 male students and 18 female students. Data collected by observation techniques, making discourse texts and understanding the contents contained in discourse.Based on the research results obtained, improving the ability to read comprehension by using the cooperative integrated reading and composition (CIRC) method of grade 7 students of SMP Negeri 4 Denpasar in 2018 Academic Year 2018 increased in pre-cycle. In the initial test the average value of 4.68 experienced an increase in the first cycle with an average value of 5.91 has increased again in the second cycle with an average value of 7,48 and the third cycle also increased with an average value 8.65 Improvement is inseparable from the revision or modification of actions taken by the researcher in each cycle. In the initial test the average value of 4.68 experienced an increase in the first cycle with an average value of 5.91 has increased again in the second cycle with an average value of 7,48 and the third cycle also increased with an average value 8.65 Improvement is inseparable from the revision or modification of actions taken by the researcher in each cycle.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.444 FKIP BHS-IND / 2022
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Inggris > Reading
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 06 Feb 2023 05:56
Last Modified: 06 Feb 2023 05:56
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2223

Actions (login required)

View Item
View Item