Ayun, Qurrotul (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) BERDASARKAN PROSEDUR POLYA PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.
![[thumbnail of Abstrak]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.425.FKIP.MAT.2022-ABSTRAK.pdf - Other
Download (230kB)
![[thumbnail of Bab I-II]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.425.FKIP.MAT.2022-BAB I & BAB II.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of Full Text]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.425.FKIP.MAT.2022.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (18MB)
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan suatu bidang ilmu yang menjadi dasar perkembangan teknologi modern. Matematika mempunyai peranan yang sangat penting diberbagi bidang ilmu dan dapat mengembangkan daya pikir logika manusia. Matematika merupakan ilmu yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berhitung dan mengukur, sehingga matematika adalah bidang ilmu yang tidak pernah luput dari kehidupan sehari – hari. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Indonesia terutama di bidang HOTS ini juga dapat dilihat dari hasil tes Trends in Internasional Mathematic and Science Study (TIMSS) tahun 2015 yang mengukur prestasi siswa di bidang kognitif dari tiga aspek yaitu pengetahuan, penerapan, dan penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menemukan dan mengetahui kesalahan – kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Sukawati dengan jumlah 30 orang siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang ditentukan dengan pertimbangan dan tujuan tertentu sehingga jumlah sampel penelitian ini sebanyak 6 siswa. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data (triangulasi). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan mengenai jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan soal Tipe HOTS adalah kesalahan dalam tahap memahami masalah (25,53%.), kesalahan menyusun rencana (24,18%), kesalahan transformasi (20,21%), kesalahan melaksanakan rencana (24,46%) dan kesalahan memeriksa kembali hasil yang diperoleh (29,78%.). Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa pada materi aljabar adalah (a) siswa tidak memahami soal, (b) siswa kurang teliti, (c) siswa terlalu terburu-buru dalam mengerjakan dan menyelesaikan soal, (d) siswa kurang latihan mengerjakan soal bentuk cerita dengan variasi berbeda, (e) siswa kurang mampu menangkap informasi masalah yang terkandung dalam soal, (f) siswa ragu menuliskan jawabannya, (g) tidak membuat kesimpulan dari jawaban yang diberikan, dan (h) Siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal tanpa mengecek kembali jawaban yang didapatkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/425/FKIP-MAT/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Prosedur Polya, Aljabar |
Subjects: | G Science (Sains) > QA Mathematics > Aljabar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 03:23 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:41 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/867 |