PERANAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN SERVICE QUALITY EXPECTATION DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI CITRA PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUMDA AIR MINUM TIRTA SEWAKADARMA DENPASAR)

ADIPUTRA, ANAK AGUNG GDE (2024) PERANAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN SERVICE QUALITY EXPECTATION DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI CITRA PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUMDA AIR MINUM TIRTA SEWAKADARMA DENPASAR). Masters thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.222.FEB-MM_BAB I-II.pdf - Other

Download (317kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.222.FEB-MM.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, khususnya di Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Denpasar. Fluktuasi dalam kepuasan pelanggan menjadi isu sentral yang dapat mengancam stabilitas dan pertumbuhan perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Customer Relationship Management (CRM) dan ekspektasi kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dengan mediasi citra perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain cross-sectional. Data dikumpulkan melalui survei kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM dan ekspektasi kualitas layanan secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan, yang secara langsung meningkatkan citra perusahaan. Citra perusahaan terbukti menjadi mediasi yang signifikan dalam menghubungkan CRM dan ekspektasi kualitas layanan dengan kepuasan pelanggan. Rekomendasi bagi Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma adalah meningkatkan kualitas hubungan dan ekspektasi layanan melalui peningkatan CRM dan personalisasi layanan. Penelitian mendatang disarankan untuk menggunakan desain longitudinal untuk memahami perubahan perilaku pelanggan seiring waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: R/222/FEB-MM/2024
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Service Quality Expectation, Citra Perusahaan, Kepuasan Pelanggan
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Kepuasan Pelanggan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Depositing User: ib indra pratama
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:13
Last Modified: 05 Feb 2025 03:13
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8097

Actions (login required)

View Item
View Item