DAMA, ERLIN BELA (2024) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP N 2 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.215.FKIP-BIO_BAB I-II.pdf - Other
Download (269kB)
![[thumbnail of Full text]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.215.FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa.Hal ini di sebabkan oleh pelaksnaan pembelajaran yang dilakukan oleh Guru belum dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa saat pembelajaran berlangsung,guru belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif,siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan materi yang diberikan. Penelitian ini bertujan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus,dimana siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Tempat penelitian di SMP Negeri 2 Denpasar kelas VIII IPA 2. Metode penelitian yang di gunakan adalah analisis deskritif. Instrumen yang di gunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observas. Hasil penelitian pada Aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dengan nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 66,63% (kategori cukup aktif). Dari hasil observasi siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 76,075% (kategori sedang).Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II aktivitas hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 81,88% (kategori aktif). Dan dari hasil observasi hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80,425% (kategori tinggi), pada sisklus II ketuntasan belajar secara klasikal juga telah mencapai ≥ 85 % .Sehingga dari hasil belajar disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang telah dicapai dengan baik. Dengan demimkian dapat di simpulkan bahwa melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII IPA 2 SMP Negeri 2 Denpasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/215/FKIP-BIO/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar,Hasil Belajar, Model Think Pair Share (TPS) |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi) > Think Pair Share (TPS) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | ib indra pratama |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 05:24 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 05:24 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7744 |