PARASWANI, NI KETUT CANTIKA (2024) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KEMAMPUAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Industri Tenun di Provinsi Bali). Masters thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.209.FEB-MM_BAB I-II.pdf - Other
Download (184kB)
![[thumbnail of Full text]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.209.FEB-MM.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Provinsi Bali sangat terkenal hingga ke mancanegara karena kebudayaannya yang merupakan hasil dari cipta, karsa, dan rasa masyarakat Bali. Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki keterampilan menenun, mulai dari sabang hingga merauke, termasuk Bali. Salah satu kain tenun yang berkembang di Bali adalah kain tenun endek. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh orientasi pasar dan kemapuan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis partial least square, sampel yang digunakan sebanyak 71 responden dengan metode sampel jenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap daya saing produk, orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, kemampuan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing produk, kemampuan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan daya saing produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini merekomendasikan kepada industri tenun di Provinsi Bali harus mempertahankan dan meningkatkan orientasi pada lingkungan pasar dikarenakan memiliki nilai yang baik pada penelitian ini, dan pada strategi pemasaran, kepuasan pelanggan dan komunikasi promosi iklan masih sangat kurang dan dapat ditingkatkan kembali sehingga dapat terbentuknya orientasi pasar yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | R/209/FEB-MM/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Orientasi produk, kemampuan inovasi produk, keunggulan bersaing, dan kinerja pemasaran |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Kinerja Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen |
Depositing User: | ida bagus indra pratama |
Date Deposited: | 19 Oct 2024 01:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2024 01:53 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7285 |