MOTO, SEPRIANUS DANGU (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI OBJEK MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.491.FKIP-MAT_BAB I-II.pdf - Other
Download (423kB)
![[thumbnail of Full text]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.491.FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan factor yang menyebabkan terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri 5 Denpasar dalam menyelesaikan soal operasi hitung bentuk aljabar ditinjau dari objek matematika. Metode penelitian ini metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Teknik tes tertulis menggunakan soal uraian pada materi operasi hitung bentuk aljabar dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Denpasar dengan jumlah 39 orang siswa dan 1orang siswa tidak hadir. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dat, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari 39 siswa terdapat 12 orang siswa kelompok tinggi, 16 orang siswa kelompok sedang dan 11 orang siswa kelompok rendah. Hasil tes pada ketiga kelompok yaitu tinggi, sedang dan rendah pada masing-masing kelompok diambil 2 subjek nilai terrendah sehingga terdapat 6 subjek penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bentuk aljabar ditinjau dari objek matematika terdiri dari empat objek kesalahan yaitu, kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan prosedural. Total jumlah kesalahan siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah, dengan kesalahan fakta sebesar 33,3% dimana pada nilai persentase initerdapat bahwa dalam taraf ini dikatakanrendah.kesalahan konsep sebesar 66,6% dimana pada persentase ini terdapat bahwa dalam taraf ini dikatakan tinggi.kesalahan prinsip 66,6% pada persentase ini dikatakan dalam taraf tinggi dan kesalahan prosedural sebesar 83,3% pada taraf persentase ini dapat dikatakan sangat tinggi dikarenakan siswa yang kebingungan menyelesaikan soal cara pembagian operasi hitung aljabar dan menyatakan soal cerita dalam bentuk aljabar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/491/FKIP-MAT/2024 |
Uncontrolled Keywords: | analisis kesalahan ditinjaau dari objek matematika |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Matematika) > Analisis Kesalahan Ditinjau Dari Objek Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | bagus indra |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:23 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:23 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7022 |