PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D SMP KRISTEN WAIKABUBAK

AWA, CHESSYA JESICA DORKAS (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D SMP KRISTEN WAIKABUBAK. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
1901842020015-15-36.pdf - Other

Download (340kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
1901842020015.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Matematika selalu menjadi mata pelajaran yang sulit bagi siswa. Data di lapangan menunjukkan bahwa nilai matematika siswa masih sangat buruk. Meskipun sumber daya matematika dapat digunakan dalam banyak cara untuk memecahkan masalah, siswa memiliki banyak kendali atas strategi yang mereka gunakan untuk memecahkan masalah matematika. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII SMP Kristen Waikabukak, dengan jumlah 15 laki-laki dan 17 perempuan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model Problem based learning (PBL) pada siswa kelas VIII D SMP Kristen Waikabubak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII D. Hal ini diketahui dari hasil belajar siswa sebelum tindakan siklus, yang nilai rata-ratanya sebesar 67,37% dan ketuntasan belajar pada kelas sebesar 53,12%. Pada tindakan siklus I, hasil nilai rata-rata sebesar 66,15% dan ketuntasan belajar sebesar 71,87% yang merupakan tingkatan cukup. Penelitian dilanjutkan pada siklus II dan memperoleh rata-rata nilai sebesar 81,35% dan ketuntasan belajar sebesar 93,75% termasuk dalam kelas tinggi dan memenuhi kriteria indikator keberhasilan belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/478/FKIP-MAT/2024
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem based learning, Matematika, Hasil Belajar Siswa
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Matematika) > Hasil Belajar Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:20
Last Modified: 10 Jun 2024 04:20
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6384

Actions (login required)

View Item
View Item