Maharani, Putu Hilda Wulan (2023) Tingkat Kepuasan Pasien Pasca Perawatan Mahasiswa Profesi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Saraswati Denpasar. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.745.FKG_BAB I-II.pdf - Other
Download (169kB)
![[thumbnail of Full text]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.745.FKG.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi merupakan perbandingan antara persepsi pasien terhadap pelayanan yang diterima dengan harapan pasien sebelum mendapatkan pelayanan. Pasien yang merasa puas dengan perawatan yang diterimanya cenderung akan menunjukkan besarnya kemungkinan untuk kembali berkunjung ke pelayanan kesehatan tersebut serta memberikan referensi yang baik terhadap pelayanan kesehatan yang diterimanya kepada orang lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pasca perawatan mahasiswa profesi di masing-masing bagian Rumah Sakit Gigi dan Mulut Saraswati Denpasar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah riset evaluasi dengan populasi adalah pasien yang melakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut Saraswati Denpasar 3 tahun terakhir dengan jumlah 515 pasien. Teknik sampling yang digunakan adalah Incidental sampling. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan tingkat kepuasan berdasarkan kelima dimensi dari masing-masing bagian di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Saraswati Denpasar baik itu dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Tingkat kepuasan RSGM Saraswati Denpasar untuk setiap bagian dengan kriteria sangat memuaskan. Namun dari beberapa bagian terdapat perbedaan yang bermakna. Skor tertinggi tingkat kepuasan di bagian radiologi dan skor terendah tingkat kepuasan di bagian konservasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien di semua bagian di RSGM Saraswati Denpasar mempunyai kriteria sangat memuaskan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RSGM, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan gigi, perawatan |
Subjects: | F. KEDOKTERAN GIGI (Dentistry) > Pelayanan Kesehatan Gigi F. KEDOKTERAN GIGI (Dentistry) > RSGM |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Kedokteran Gigi |
Depositing User: | ida bagus indra pratama |
Date Deposited: | 28 May 2024 02:21 |
Last Modified: | 28 May 2024 02:21 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6339 |