ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DI KELAS X SMA PGRI 4 DENPASAR

WAHYUNI, NI MADE RAHAYU SRI (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DI KELAS X SMA PGRI 4 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
2001842020004-14-27.pdf - Other

Download (871kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2001842020004.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pelajaran Matematika jika dilihat secara umum merupakan mata pelajaran yang ada di setiap kedudukan sekolah. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari belajar matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun masih banyak ditemukan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika salah satunya pada soal cerita materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA PGRI 4 Denpasar dengan jumlah sebanyak 15 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak adalah kesalahan memahami masalah 8,77%, kesalahan membuat rencana 38,59%, kesalahan melaksanakan rencana 14,03%, dan kesalahan memeriksa kembali 38,59%. Penyebab kesalahan terjadi adalah (1) Siswa tidak memahami soal yang diberikan, (2) Siswa tidak menggunakan informasi dalam soal, (3) Siswa kurang teliti dalam menghitung, (4) Siswa tidak memeriksa kembali hasil pekerjaannya sebelum mengumpul, dan (5) Siswa kurang efisien dalam memanfaatkan waktu saat mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/472/FKIP-MAT/2024
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Tahapan Polya, Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Matematika) > Hasil Belajar Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 21 May 2024 04:43
Last Modified: 21 May 2024 04:43
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6316

Actions (login required)

View Item
View Item