Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aljabar Pada siswa kelas VII SMP Kalam Kudus Bali Kabupaten Badung

Angeline, Rachel (2024) Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aljabar Pada siswa kelas VII SMP Kalam Kudus Bali Kabupaten Badung. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.470.FKIP-MAT_BAB I-II.pdf - Other

Download (792kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.470.FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP Kelas VII SMP Kalam Kudus Bali Kabupaten Badung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen bentuk Pre Test Post Test Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII SMP Kalam Kudus Bali Kabupaten Badung tahun ajaran 2022/2023. Pada penelitian ini dipilih kelas satuan eksperimen dengan cara non random sampling menggunakan sampling purposive yaitu kelas dipilih karena adanya pertimbangan tertentu. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Keefektifan pembelajaran ditinjau dari tiga aspek, yaitu: ketercapaian ketuntasan hasil belajar matematika siswa secara klasikal, aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika, dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa sebelum digunakan media pembelajaran Wordwall (pretest) adalah 53,92 dan berada pada kategori rendah, dimana skor terendah adalah 30 dan skor tertinggi adalah 80 dari skor ideal 100, sedangkan skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa sesudah digunakan media pembelajaran Wordwall (posttest) adalah 77,85 dan berada pada kategori tinggi dimana skor terendah adalah 40 dan skor tertinggi adalah 100 dari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 21 siswa atau 75% mencapai atau melebihi KKM dan ini berarti bahwa ketuntasan hasil belajar secara klasikal sudah tercapai. (2) hasil pengamatan observasi siswa menunjukkan angka 75,87% yaitu kategori sangat aktif. (3) angket respon siswa menunjukkan angka 96,73% kategori sangat baik. Penggunaan media pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada kelas VII SMP Kalam Kudus Bali Kabupaten Badung

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, media pembelajaran, aljabar dan Hasil Belajar Matematika
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Matematika) > Hasil Belajar Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ida bagus indra pratama
Date Deposited: 24 Feb 2024 02:50
Last Modified: 24 Feb 2024 02:50
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5820

Actions (login required)

View Item
View Item