ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN ALJABAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR

NUGRAHA, PUTU REYNALDY ARTHA (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN ALJABAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.445 FKIP - MAT ABSTRAK.pdf - Other

Download (158kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.445 FKIP - MAT BAB I-II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.445 FKIP - MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Matematika memiliki peranan penting dalam mengantar pemikiran peserta didik kepada suatu logika berpikir untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penguasaan materi matematika sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari ataupun demi kehidupan di masa mendatang. Namun tidak sedikit ditemukan kendala dan menganggap matematika itu sulit untuk dikerjakan salah satunya pada soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII H SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Metode Purposive Sampling digunakan untuk selanjutnya memilih 6 subjek untuk diwawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data (triangulasi). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kesalahan – kesalahan yang terjadi ketika siswa mengerjakan soal uraian adalah kesalahan dalam tahap membaca soal 6,25%, kesalahan memahami masalah 20,96%%, kesalahan transformasi 21,32%, kesalahan keterampilan proses 27,21% dan penulisan jawaban akhir 24,26%. Penyebab kesalahan yang terjadi adalah (1) Siswa tidak memahami soal yang diberikan, (2) Siswa tidak membaca soal dengan hati – hati, (3) Siswa kurang teliti dalam menghitung, (4) Siswa terburu – buru dalam mengerjakan soal, (5) Siswa tidak memeriksa kembali pekerjaannya sebelum mengumpul, (6) Siswa kurang efisien dalam memanfaatkan waktu saat mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.445 FKIP-MAT / 2022
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Prosedur Newman, Aljabar
Subjects: G Science (Sains) > QA Mathematics > Aljabar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:30
Last Modified: 26 Jan 2023 02:30
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item
View Item