GOKO, MARNIATI (2022) EFISIENSI PEMASARAN SALAK (Salacca edulis Reinw) PADA KELOMPOK TANI MEKAR SARI DENGAN PENDEKATAN SCP DI DESA SIBETAN, KECAMATAN BEBANDEM, KABUPATEN KARANGASEM. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
300 FPB AGRI ABSTRAK.pdf - Other
Download (254kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
300 FPB AGRI BAB I-II.pdf - Other
Download (3MB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
300 FPB AGRI.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efisiensi pemasaran berdasarkan struktur (structure), prilaku (conduct) dan kinerja (performance) pasar salak di Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem. Metode dasar penelitian berupa deskriptif analisis dengan pengumpulan data dilakukan secara survei. Lokasi penelitian dipilih secara purposive sampling pada Kelompok Tani Mekar Sari di Desa Sibetan dengan dasar pertimbangan bahwa Desa Sibetan merupakan salah satu sentra produksi salak dengan memiliki banyak varietas. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 33 responden yang terdiri dari petani, pedagang pengepul, pedagang pengecer dan. Petani responden diambil dengan metode sensus sedangkan lembaga pemasaran dan konsumen dengan metode snowball. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efisiensi pemasaran salak pada Kelompok Tani Mekar Sari dengan pendekatan SCP di Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem dilihat dari struktur pasar lembaga-lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran yaitu petani salak, pedagang pengepul, pedagang besar dan pengecer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 (tiga) pola saluran pemasaran salak di Desa Sibetan Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem yaitu: 1) Petani – Konsumen ; 2) Petani - Pedagang Pengecer - Konsumen; dan 3) Petani - Pedagang Pengepul - Pedagang Pengecer – Konsumen. Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan struktur pasar pedagang pengepul merupakan lembaga pemasaran yang memiliki pangsa pasar (Market Share) terbesar yakni sebesar 0,6534 (65,34%), Sedangkan struktur pasar di tingkat pedagang pengepul mengarah pada struktur pasar oligopoli kuat dengan nilai CR4 sebesar 60,66%. Perilaku Pasar pada usahatani Salak di Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem dengan Hasil perhitungan analisis nilai koefisien korelasi (r) harga di tingkat petani dengan harga di tingkat konsumen sebesar 0, artinya tidak ada korelasi atau hubungan antar harga ditingkat petani dengan harga di tingkat konsumen. Dengan nilai r < 1, ini juga berarti kedua pasar berintegrasi tidak sempurna, Kinerja Pasar pada usahatani Salak di Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem margin pemasaran relative rendah. Berdasarkan ketiga pola saluran pemasaran salak ternyata pola saluran pemasaran 1 (pertama) memiliki margin pemasaran terendah yaitu (Rp.500/kg) dan farmer share tertinggi (100%) sehingga pola saluran pemasaran 1 (Pertama) merupakan pola saluran pemasaran yang efisien, yaitu (produk yang dijual dari petani ke konsumen).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R.300 FPB-AGB / 2022 |
Uncontrolled Keywords: | Efisiensi, Kinerja Pasar, Perilaku Pasar, Struktur Pasar |
Subjects: | F. PERTANIAN DAN BISNIS > Pertanian > Struktur Pasar |
Divisions: | Fakultas Pertanian dan Bisnis > Agribisnis |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 05:56 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 05:56 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2187 |