UTAMA, KOMANG AGUS TRI PUTERA (2022) ANALISIS FAKTOR DOMINAN PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS PADA JALAN NASIONAL DI KABUPATEN KARANGASEM. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
230.FT-SIP-6.pdf - Other
Download (88kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
230.FT-SIP-12-36.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](http://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
230.FT.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (14MB)
Abstract
Pada Jalan Nasional Kabupaten Karangasem terutama pada ruas jalan raya padang bai arus lalu lintasnya cukup padat karena sebagai jalan penghubungmenuju ke pelabuhan padang bai. Padatnya jalur ini sangat berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas dan apa penyebab dominan dari kecelakaan yang sering terjadi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menganalisa data kecelakaan yang diperoleh dari Polres Karangasem dari tahun 2016 sampai dengan 2020. Dari data tersebut akan dibuatkan rekapan kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas jalan padang bai serta dibuatkan pembobotan kecelakaan lalu lintas berdasarkan Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK) kemudian diperoleh jumlah kecelakaan lalu lintas dan bobot tertinggi kecelakaan per KM. KM dengan jumlah kejadian kecelakaan terbanyak dan bobot tertinggi merupakan daerah rawan kecelakaan lalu lintas yang kemudian dilakukan survey inventarisasi jalan dan survey inventarisasi perlengkapan jalan. Berdasarkan analisa data, diperoleh bahwa letak dari daerah rawan kecelakaan lalu lintas di ruas jalan raya padang bai yaitu pada KM 25. Kondisi sarana dan prasarana pada daerah rawan kecelakaan lalu lintas ada yang masih baik, serta ada yang sudah mengalami kerusakan. Semua marka jalan dalam kondisi baik. Dari tabel persentase faktor penyebab kecelakaan, dapat ditentukan faktor dominan terjadinya kecelakaan lalu lintas pada daerah rawan kecelakaan lalu lintas adalah faktor manusia dengan prosentasi 100%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | 230 FT-SIP/2022 |
Uncontrolled Keywords: | kecelakaan, angka ekuivalen kecelakaan, daerah rawan kecelakaan lalu lintas |
Subjects: | F. TEKNIK > Kecelakaan Lalu Lintas |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 05:53 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 04:48 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1565 |